Selasa, 02 Juni 2009

PERANAN PEMERINTAH DALAM PEMBANGUNAN

Peranan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan terutama di negara-negara berkembang atau dunia ketiga bekas jajahan harus benar-benar aktif dan positif. Karena pemerintah harus mempunyai sarana utama bagi rakyatnya terutama yang berkenaan dengan upaya meningkatkan tingkat taraf hidup atau tingkat kemakmuran rakyatnya.

Dalam zaman yang segalanya serba global, peranan pemerintah untuk melakukan pembangunan merupakan kunci menuju masyarakat yang lebih makmur. Pada awal pembangunan, investasi harus dilakukan dibidang-bidang yang dapat meningkatkan ekonomi eksternal yakni yang mengarah pada penciptaan overhead social dan ekonomi, seperti tenaga kerja, angkutan, pendidikan, kesehatan dan lain-lain. Oleh karenanya, ruang lingkup tindakann pemerintah sangat luas dan menyeluruh. Menurut Arthur Lewis lingkup itu mencakup penyelenggaraan pelayanan umum, penentuan sikap, pembentukan lembaga-lembaga ekonomi, penentuan penggunaan sumber daya, penentuan distribusi pendapatan.

Untuk itu perlu adanya perubahan-perubahan dan tindakan-tindakan dalam hal: perubahan kerangka kelembagaan, perubahan organisasi, over head sosial ekonomi, pembangunan pertanian, pembangunan industri, dan peningkatan perdagangan luar negeri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar